Segarnya Pemandian Alami Umbul Nilo Klaten, Spot Foto Underwater Mirip Umbul Ponggok

Daftar Isi

Segarnya Pemandian Alami Umbul Nilo Klaten, Spot Foto Underwater Mirip Umbul Ponggok
SunjaID - Bosan menikmati destinasi wisata yang itu-itu saja? Mungkin ini saatnya Anda merasakan indah dan serunya tempat wisata Umbul Nilo. Destinasi yang berada di daerah Klaten Jawa Tengah ini siap membuat Anda rileks dan segar. Apalagi tempat wisata ini juga sangat cocok dikunjungi keluarga. Ada pula beberapa spot yang ramah anak-anak sehingga tidak ada salahnya mengagendakan liburan bersama keluarga tercinta.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp. 5.000 per orang. Setiap hari tempat wisata ini selalu buka, bahkan sampai 24 jam lho! Dengan begitu Anda bisa puas mengeksplor dan menikmati segala keindahan yang ada di sini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah sembarangan agar liburan bisa dinikmati dengan nyaman oleh semua pengunjung.

Sebelum itu, pastikan Anda tahu terlebih dahulu apa saja daya tarik dan aktivitas seru yang bisa dinikmati di tempat ini.

Daya Tarik Penuh Magis dari Umbul Nilo

Bagi yang belum pernah berkunjung ke destinasi wisata pemandian pasti akan banyak mendapatkan pengalaman baru. Meskipun tempatnya sederhana, pengalaman bersama orang tercinta yang tercipta di tengah keindahan alam akan selalu membekas. Untuk itu, berikut ini adalah daya tarik yang wajib Anda ketahui.

Pesona Alam yang Asri

Hal pertama yang begitu menonjol dari tempat wisata satu ini adalah pesona alamnya yang masih sangat asri. Meskipun pemandian ini sudah lama ada dan banyak dikunjungi oleh warga sekitar, tetapi  keasriannya tetap terjaga. Bahkan dari sisi kebersihannya pun bisa dibilang cukup bersih. Hal ini karena aturan mengenai kebersihan memang terpasang di banyak spanduk dan papan pengumuman.

Keberadaan tempat wisata di daerah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota juga membuatnya aman dari polusi. Sebab, tetap tak banyak lalu lalang warga sekitar. Tapi bukan berarti berada di tengah hutan belantara. Anda masih bisa menemukan rumah penduduk meskipun jumlahnya sedikit. Yang jelas di sini Anda bisa merefresh pikiran melalui pemadangan indahnya.

Pemandian yang Jernih

Setelah puas menikmati pemandangan ada, saatnya Anda terjun langsung ke pemandiannya. Tidak hanya ada satu spot pemandian saja, di tempat ini ada tiga spot yang dibedakan berdasarkan tingkat kedalamannya. Yang pertama tidak terlalu dalam hanya seukuran kaki anak kecil dan memang spot yang dangkal ini diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin berendam atau main air.

Spot yang kedua tentunya satu level lebih dalam dibanding spot pertama. Di sana anak-anak seumuran SMP-SMA bisa mencoba menguji nyali dengan berenang. Bahkan tak jarang banyak pengunjung yang memang memanfaatkan tempat satu ini sebagai sarana latihan berenang. Baru untuk spot ketiga yang lebih dalam dan memang diperuntukkan bagi orang dewasa. Namun yang jelas, semua spot memiliki air yang jernih dan harus Anda nikmati.

Spot Foto Underwater

Selain menikmati foto dengan background alam, Anda bisa juga merasakan sensasi berfoto seolah-olah berada di bawah pantai. Meski lebih mirip dikatakan sebagai kolam renang dibandingkan pantai, tetapi tidak ada salahnya mencoba demi mendapatkan pengalaman yang menarik. Namun, memang hanya orang-orang yang pro saja yang mungkin bisa melakukannya. Sebab, bisa saja Anda justru menyebabkan masalah baru karena hp yang tercebur.

Selain underwater, Anda juga bisa mencoba berfoto di area yang menghadap langsung ke lahan persawahan. Di area ini banyak bebatuan yang letaknya berserakan sehingga akan menambah kesan estetik dan alamiah. Asal mendapat angel yang tepat dan kamera yang bagus, hasil fotonya nanti pasti akan instagramable.

Menikmati Kuliner Ringan di Kawasan Pemandian

Setelah berendam sekian lama, pasti mendadak perut terasa lapar dan minta diisi. Tenang saja, saat berkunjung ke tempat ini tidak perlu sampai membawa bekal yang banyak karena khawatir tidak ada penjual. Sebab, di tempat wisata ini ada banyak penjual berjajar yang siap membuat perut Anda kenyang dengan menu-menu ala pedesaan.

Mulai dari gorengan, tahu petis, dan yang pasti ada pula mie instan atau pop mie yang siap menghangatkan Anda setelah lama berendam. Harganya pun tetap terjangkau. Memang biasanya harga makanan di tempat wisata akan lebih mahal dibanding normalnya. Tapi tenang saja. Harga yang dibandrol tak jauh berbeda dengan harga aslinya.

Fasilitas dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Kelengkapan fasilitas tentu akan sangat memengaruhi kemudahan para pengunjung dalam menghabiskan waktu liburannya di tempat ini. Tenang saja, di sini Anda bisa mendapatkan fasilitas umum yang ramah dan cukup nyaman.

Pertama ada lokasi parkir. Sebagus apa pun tempat wisatanya, apabila tidak terdapat lahan parkir yang mumpuni, orang-orang pasti akan malas untuk datang berkunjung. Maka dari itu tempat wisata ini telah menyediakan lokasi parkir luas yang bisa memuat puluhan kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Kedua ada warung wisata. Ya, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Bagi Anda yang tidak betah lapar, bisa menikmati deretan camilan yang tersedia di warung-warung dekat pemandian. Ada pula menu minuman sachet dan juga kopi hangat yang cukup untuk menghilangkan dahaga.

Ketiga, ada gazebo atau tempat duduk tradisional yang beratap bambu. Keberadaan gazebo kerap menjadi tempat peletakan barang atau momen untuk menghabiskan bekal yang dibawa. Meski jumlah gazebo tidak terlalu banyak, tetapi keberadaannya tentu sangat bermanfaat.

Keempat, pusat informasi. Saat berada di tempat umum seperti tempat wisata ini memang perlu adanya pusat informasi yang menghimpun berbagai pengumuman penting. Biasanya hal-hal yang diumumkan seputar kehilangan barang atau terpisahnya beberapa pengunjung dengan rombongannya.

Kelima dan menjadi hal yang paling penting adalah fasilitas kamar mandi beserta toilet. Mungkin Anda pernah menemukan tempat wisata yang hanya memiliki satu toilet atau bahkan tidak ada sama sekali. Apa yang dirasakan? Tentu sangat tidak nyaman bukan? Maka tenang saja, di sini masalah toilet dan kamar mandi sangatlah terjamin.

Keenam ada fasilitas ruang ganti. Wajib dan memang sangat penting keberadaannya, ruang ganti menjadi komponen yang pasti dibutuhkan bagi destinasi wisata seperti ini. Kuantitas orang-orang yang berganti pakaian pasti jumlahnya sangat banyak sehingga demi menghindari antrian panjang di kamar mandi, tempat wisata ini juga menyediakan ruang ganti.

Selain beberapa fasilitas di atas, masih ada lagi fasilitas lainnya seperti musola, kolam, dan rumah makan. Berbagai fasilitas tersebut bisa diperoleh secara mudah karena berada di dalam kawasan wisata. 

Untuk alamat lokasinya terdapat di Daleman, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bila berangkat dari alun-alun kota, Anda cukup memerlukan waktu tempuh sejauh 8 km. Memang lokasinya terbilang tak terlalu jauh dari pusat kota. Ada banyak pula petunjuk jalan yang bisa Anda andalkan. Maka, tunggu apa lagi? Habiskan momen liburan bersama keluarga tercinta hanya di Umbul Nilo.

Posting Komentar